Monday, May 18, 2009

Keluhan terhadap MAKRO Balikpapan

Dua hari yang lalu aku belanja di Makro Balikpapan. Sudah lama jadi customer tetap disana (tapi toh ga pernah dapet priority apapun, useless sebenernya). Jadi ceritanya tetangga sebelah rumahku sedang ngadain acara aqiqahan dia. Ini aku ga mudeng juga sich, wong orangnya sudah tua (seumuran aku gitu loh) kok bikin acara aqiqahan buat dirinya sendiri, emang harus begitu ya? kalo jaman kecil belum pernah di Aqiqahin begitu kita sudah mampu kita harus Aqiqahin diri sendiri gitu....??? Jadi aku ngutang Aqiqah banyak neh. Aku kekna lon pernah disembelihin kambing dari jaman jebrol sampe segedhe ini, Bapaknya Zaza (ga tahu deh, musti nanya mertua dolo neh), kalo Zaza sendiri dulu baru disembelihin 1 ekor kambing padahal aturannya dua (lah mampunya cuma beli atu, itu aja eyangnya yang ngadain).

Wis ga usah ngomongin acara Aqiqahannya deh, jadi ngelantur padahal judulnya komplain, hehehe. Ceritanya aku bingung nih, mo datang gitu aja kok kayaknya ga pantes, secara dia ngadain acara gedhe2an loh, ngundang ratusan orang. Akhirnya setelah kasak-kusuk sama tetangga (biasa ibu2) akhirnya diputuskan nyari hadiah peralatan rumah tangga aja (mo ngasih duit malu kali, secara desye orang kaya, semisal kita ngasih cuma 50rebu kekna ga ada artinya buat die). Setelah muyek nyari2 barang, akhirnya nemu barang yang lagi diskon 60%. Yach....aku nyari yang murah sich, karena kamampuanku cuma segitu. Menurut tulisannya di situ Mug tersebut harganya cuma 6rb sekian dari harga normal 14.500. Tertarik diskon tersebut aku ambil setengah lusin, sedang tetanggaku ngambil piring yang sama warna harga 11rb sekian. Trus aku beli tempe 2 biji dan tetanggaku beli minyak 2 liter.

Disinilah segala bencana bermula. Si kasir kadung masukin barang kita berdua tanpa di pisah, yo wis, salah satu aja yang bayar. Aku yang bayarin duluan 200rb. Aku sich ga merasa curiga ato ada yang aneh, kupikir mungkin belanjaan tetanggaku yang lebih banyak dan mahal. Jadi langsung bayar aja tanpa ba bi bu. Begitu nyampe dirumah pun aku tak segera sadar kalo ada yang tidak beres. Aku langsung sibuk membungkus Mug itu dengan kertas kado. nah tetanggaku datang, mo itung-itungan nih, barulah aku tersentak kaget dan langsung shock. Ternyata Mug-ku di hargain full alias sebijinya 15rebu. Deuh....rasanya langsung pusing. Untuk memastikan aku langsung balik lagi ke Makro, tapi disana akhirnya aku cuma disalahin, katanya aku sendiri yang salah baca Barcode................Whats.......!!!!! Lalu apa maksud mereka naroh barang ga diskon ke dalam box barang diskon..................????!!!!

Aku bener-bener dongkol, mo balikin tuh barang mereka ngotot tidak mau menerima barang yang sudah dibeli. Akhirnya aku cuma bisa nangis karena dongkol rasanya kek orang kecopetan!! Sebenernya kalo dari awal aku tahu harganya segitu aku ga bakalan ribut dan ngamuk2. Tapi khan aku tahunya itu barang diskon 60% makanya aku memutuskan untuk beli. Jika uang itu kuberikan pada orang yang membutuhkan tak akan kutangisi, beneran. Aku bener-bener merasa di curangi, dan itu ga enak banget.

So for MAKRO BALIKPAPAN, please be wise. Kalo sampeyan ga mau ngasih diskon ya jangan sembarang taroh barang ga diskon dalam box diskon. Ga semua orang kalo belanja itu musti neliti barcode masing2 barang satu2. Anda sepertinya sengaja menjebak orang demi mendapatkan keuntungan lebih. Apa menjadi orang kaya itu belum cukup buat Anda sehingga anda tega melakukan praktek licik demi mendapatkan uang dari customer. Kalo orang yang tertipu kelicikan Anda adalah orang berduit whatever duit 50 ato 100 rebu, pastilah ga ada artinya. Tapi untuk sebagian orang duit segitu sangat berarti dan di cari dengan peluh yang bercucuran. Kejadian ini bukan cuma sekali. Beberapa tahun yang lalu, aku pernah beli timbangan yang saya kira harganya 30rb, ternyata begitu sampai di kasir menjadi 120rb, sudah kadung masuk kasir nggak bisa dikembalikan lagi..........aku masih sangat melarat waktu itu. Bayangkan uang 90ribu rasanya hanya dibuang untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kuperlukan banget2 (aku ga akan beli kalo tahu harganya segitu). Beberapa minggu yang lalu, tetangga sebelah rumahku juga pernah mengalami kejadian yang sama, mengambil tempat makan motif Ben 10 di box diskon yang dia kira harganya 20rb ternyata begitu nyampe kasir harganya 230rb. Orang pastilah kecewa.

Pelajaran berharga buatku, lain kali kalo belanja harus teliti dan hati-hati. Kita harus meneliti satu2 barang dan harga barang yang kita beli. Jangan pernah sampai tertipu lagi. Aku sendiri kapok belanja di MAKRO (ga murah2 amat juga.......masih ada toko yang menjual barang yang bahkan lebih murah dari MAKRO) so bye....bye.... MAKRO. I think I will never step on my feet again on your floor. Thanks a lot for dissapointing me. It's not the matter how much you fool me, but it't the way you treat me. Mungkin kehilangan seorang pelanggan tak akan banyak artinya buatmu. No problem.

No comments: