Wednesday, September 21, 2011

Cara Aktifkan Huruf Korea/Hangul pada Komputer Windows XP/7

Untuk temen-temen yang Gila Korea dan kepengen belajar Bahasa Korea kayak aku namun tak mempunyai guru dan tidak ada lembaga kursus Bahasa Korea :D

Aku belajar sendiri dari buku juga ngambil kursus gratis di www.livemocha.com yang selama ini sangat membantu, dan yang paling membantu tentu saja kegilaan nonton drama karena itu akan membuat telinga kita menjadi akrab dengan bahasa Korea sehingga akan memperkaya kosa kata kita tentunya.

Cara mengaktifkan Huruf Korea Pada Komputer Windows XP/7

Peralatan:
1. Komputer/Laptop/netbook
2. CD software Windows XP (sesuai dengan versi XP yang terinstall di komputer/laptop

Langkah-langkah:
1. Klik START kemudian masuk ke CONTROL PANEL
2. Pilih menu REGIONAL LANGUAGE OPTION kemudian di klik.
3. Setelah ada tampilan, klik ADVANCE pada bar yang paling akhir.
4. Centang Bahasa Korea / pilih bahasa2 lain yg ingin kamu install juga.
5. Klik bar LANGUAGE dan centang 2 kolom yang ada di dalamnya. (bila muncul message klik OK)
6. Masukkan CD Software Windows XP pada CD Room.
7. Klik APPLY/OK
8. Tunggu proses Install otomatis dari CD yg sudah dimasukkan tadi.
9. Bila ada message untuk meminta beberapa file dibutuhkan, silahkan klik browser lalu arahkan pada drive CD Room, lalu pilih file yang diminta oleh komputer.
10. Bila telah selesai instalasi, restart komputer
11. Setelah komputer menyala kembali, lihat sudut monitor sebelah kanan sejajar dengan baris bar START akan muncul tombol "EN". bila ada silahkan buka dan lihat apakah sudah ada tulisan "KOREA"
12. Bila tidak muncul tombol "EN" di sudut bawah kanan monitor, kembalilah masuk ke CONTROL PANEL dan pilih lagi REGIONAL LANGUAGE OPTION.
13. Setelah ada tampilan bar, klik pada bar kedua yaitu LANGUAGE lalu klik DETAIL.
14. Akan muncul tampilan bar baru lalu klik ADD kemudian pada kolom KEYBOARD LAYOUT pilih KOREAN lalu tekan OK dan APLLY.
15. Lakukan restart kembali dan coba lihat lagi apakah sudah seperti no. 11
16. Setelah muncul tombol "EN" pada sudut kanan bawah, buka program pengetikan seperti MS. WORD.
17. Klik tombol "EN" tadi lalu pilih "KOREAN" kemudian coba ketikan pada MS. WORD.
(Untuk merubah ke huruf Korea, tekan tombol Alt di samping Spasi pada keyboard komputer, dan untuk mengembalikannya tinggal tekan kembali tombol Alt tersebut)

Untuk di Windows 7, kebetulan Laptopku dirumah pake Windows 7 dan selama ini sudah bisa dipakai untuk mendeteksi huruf Hangul, tinggal mengaktifkan keyboardnya saja. langkah2nya tinggal mengikuti langkah diatas untuk mengaktifkan keyboard (No. 14) dan untuk menggunakan mengganti menjadi huruf Koreanya tidak memakai Alt, tetapi tinggal mengklik di bar EN (yg kalo dalam posisi KOREA nanti akan muncul "A" mode qwerty menulis latin dan "KOREA" untuk mode huruf hangul.
Catatan: Posisi abjad huruf Hangul tidak sama dengan posisi keyboard QWERTY dan ini sudah ketentuan Internasional, oleh karena itu kamu harus membuat tempelan kertas/stiker untuk mengingat posisi huruf2 korea tersebut. untuk tahu letak2nya huruf Hangul pada keyboard tinggal googling aja "Korean Keyboards" ntar pasti banyak muncul gambar keyboard Hangul dan letak2nya, tinggal di print, kita tambahkan abjad latin supaya kita nggak pusing kalo abjad latinnya jadi tertutup kertas hangulnya :D

Ini yg kulakukan dengan keyboardku di kantor :p yang di laptop musti ijin ma misua dolo hahahha


Yang berbeda hanya posisi abjad saja untuk posisi angka dan tuts yang lain tetap sama.

Good luck, happy studying.......yolshipabo he.....(yaiks ini keyboard hangulnya belon bisa di pake karena installasi belon selesai berhubung ini PC minus DVD Room begh, DVD room portablenya ketinggalan di rumah)

No comments: