Monday, January 19, 2009

Finally N78, after long.........long.......consideration!

Finally...............setelah mikir panjang sekali, ngitung-ngitung ampe pening, he...he.....diputuskan untuk membeli (eh kredit ding) Nokia N78. Yang harganya beda 1jt dibanding Nokia 5800. Di Spektra Balikpapan, harga Nokia 5800: 4.550.000 Kalo ambil kredit tenor 3 bulan angsurannya 1.580.000, 6 bulan 838.000, dan tenor 9 bulan angsurannya 582.000. Nah kalo N78 harganya 3.525.000, tenor 3 bulan angsuran 1.224.000, 6 bulan angsuran 650.000, nah kalo yang 9 bulan 459.000. Ga pa-pa deh tabungan rencanaku tak tunda demi kredit HP selama tiga bulan (biar bunganya ga terlalu memberatkan euy.......)

Jadi selama 3 bulan ini sisa gaji setelah di potong bayar nanny sama tabungan pendidikannya zaza, sisanya fokus buat bayar cicilan, yah....sisa dikit banget ga pa-pa yang penting hutang cepet selesai dan ga memberatkan.

Yeah..............setelah banyak pertimbangan, kekna aku lon perlu2 banget si 5800, emang sich menggiurkan tapi sepertinya urgensinya kurang jadi bisa ditunda lah..........(Lagipula, harus ngebut nabung buat uang muka beli rumah, jadi seneng2nya dikit aje.)

Nih gambar Hapenya..............

Specnya................duh...lagi capek ngetik nih.....copas aje deh......

Desain
Sebenarnya N78 ini berdesain yang sederhana bahkan justru kaku. Namun fasilitas pendukung yang menempel di sisi kanan dan kiri serta bagian belakang ponsel, membuat kesan kaku serta merta hilang. Ponsel ini juga nyaman digenggam dan berkesan eksklusif.
Pengujian : Menggenggam ponsel ini, serta menyimpannya ke saku celana tidak membuatnya mudah lecet atau tergores.
Nilai : 3,7
Catatan : Supaya bisa digunakan oleh berbagai kalangan, sepertinya pilihan warna merah maron, coklat atau pun abu-abu sangat menarik bila dipenuhi.

Layar
Cukup lebar dan pas untuk sebuah ponsel musik. Saat menampilkan gambar hasil bidikan kameranya baik gambar diam atau pun berupa video, tampak jernih. Dukungan 16 juta warna dengan teknologi TFT terbilang sangat maksimal dan cukup. Pengujian : Merekam objek bergerak dan diam lalu ditampilkan di layar, nyaris sperti objek aslinya.
Nilai : 3,7
Catatan : Layarnya kurang besar bila kita melakukan selancar ke dunia maya.

Video Player
Format video Mp4 dan 3Gp bisa diputar lewat ponsel ini. Kita pun bisa memutarnya dengan posisi layar vertic
kal dan horisontal.
Pengujian : Memutar file berformat 3Gp dan melakukan pengeditan.
Nilai : 3,7
Catatan : Ada fasilitas edit video di video player ini. Klik saja di pilihan menu player, lalu pilih edit. Kita bisa mengganti suara, memotong sekaligus menyelipkan teks dalam video-nya.

Konektivitas
Tanpa infrared tidak jadi masalah besar bagi ponsel ini. Pasalnya fasilitas bluetooth dan kabel data terbilang cukup untuk melakukan koneksi ke perangkat lain.
Pengujian : Mengirim file video dan foto ke PC
Nilai : 3,7
Catatan : Untuk ke PC, mesti menggunakan software pendukung, Nokia PC suite.

Memori
Biar memori internalnya hanya sebatas 70 Mb, Nokia satu ini bisa ditambahkan memori eksternal. Kapasitas memori eksternal yang bisa dikawinkan dengan ponsel ini bisa mencapai 2 Gb.
Pengujian : Menyimpan file hasil rekaman video berdurasi 5 menit.
Nilai : 3,6
Catatan: Memori eksternal menggunakan jenis memori micro SD yang bisa dilepas dengan mudah karena menggunakan fasilitas hotswap.

Audio
Dua speaker di bagian kanan dan kiri badan ponsel terbilang cukup untuk mengeluarkan suara alunan musik yang menggelegar. Pabrikanya juga membenamkan fitur FM transmitter, dimana kita bisa memutar lagu kesayangan yang ada di ponsel lewat gelombang radio FM yang sudah kita setting terlebih dahulu.
Pengujian : mencoba fitur FM transmitter
Nilai: 3,5
Catatan: Fasilitas FM transmitter ini hanya bisa digunakan untuk jarak dekat saja.

Kamera
Bekal kamera 3,2 Megapixel terbilang cukup maksimal untuk mengabadikan moment penting. Ada fasilitas flash menjadi nilai tambah untuk membidik objek bila cahaya dirasa kurang. Perbesaran gambar alias zoom hingga 20 kali digital zoom.
Pengujian : Membidik objek dalam ruangan dan luar ruang
Nilai : 3,5
Catatan: Tidak ada fasilitas slowmotion di video recorder dan playernya.

Internet
Selain GPRS dan 3G, Nokia N78 juga sudah berbekal teknologi HSDPA alias 3,5G untuk berselancar ke dunia maya. Kalau pun pulsa terbatas, kita bisa mengoperasikan Wi Fi.
Pengujian : Berselancar dengan Wi Fi dan 3G.
Nilai: 3,5
Catatan: Layar kurang lebar

Lain-lain: Ada fitur GPS dan Flash lite yang jadi pendukung. Dengan GPS, akan memudahkan kita dalam pencarian lokasi.
Pengujian: Mencoba fitur GPS dan Flash lite
Nilai: 3,5
Catatan: Akan lebih nyaman bila aplikasi peta terbaru Nokia dibenamkan di seri ini. Mestinya ada fasilitas TV out.

Port
Ada tiga port utama yang dimiliki seri ini. Ketiganya memiliki fungsi sebagai slot speaker, charging, dan USB.
Pengujian: Melakukan charger dan mencoba speaker standar-nya.
Nilai : 3,4
Catatan; Akan lebih baik jika port hanya satu buah dengan multi fungsi

Messaging
Selain MMS dan SMS, ponsel ini juga bisa digunakan berkirim pesan berupa emal. Koneksi email lewat SMTP, IMAP4, dan POP3 bisa dengan mudah dilakukan. Untuk yang terakhir, terlebih dahulu kita mesti melakukan setting email.
Pengujian : Berkirim MMS file video berdurasi 3 menit. Mencoba menulis sms hingga 3 kali lipat dari SMS standar (160).
Nilai: 3,4
Catatan: Tampilan layar saat ada pesan yang masuk atau pesan lama yang belum di baca bisa diketahui dengan mudah. Karena UI ponsel ini mampu menunjukkan di layar adanya aktivitas-aktivitas menu/fitur, sebut saja lambang memori card di bagian kanan atas.

Keypad
Meski berukuran kecil, namun keypadnya cukup nyaman digunakan. Hal ini dikarenakan material keypad yang dibuat menonjol/timbul. Tombol pengatur empat arahnya sangat nyaman digunakan. Keluar masuk menu bisa dilakukan dengan cepat seolah kita menggunakan tombol scroll.
Pengujian: Memainkan semua tombol lewat penulisan SMS, dan mendengarkan musik melalui tombol shortcut-nya.
Nilai: 3,3
Catatan: Ukuran keypad yang kecil tertolong dengan konsep keypad timbulnya yang nyaman digunakan.

Video Recorder
Kemampuan video recordernya bisa diandalkan. Bisa digunakan merekam gambar tanpa batasan waktu, disesuaikan dengan kapasitas memori yang ada. Fasilitas zoom dan editing tersedia dipilihan menu.
Pengujian: Merekam objek bergerak selama 15 menit
Nilai: 3,3
Catatan: Akan lebih baik kalau ditambahkan fasilitas slow motion.

PIM
Terbilang komplet untuk fasilitas PIM. Ada calender, jam, catatan, alarm, kalkulator, timer, dan lainnya.
Pengujian : Pengoperasian menu-menu PIM
Nilai : 3,3
Catatan : -

Office
Fasilitas aplikasi office tersedia cukup lengkap. Adsa word, excel, dan power point. Pun aplikasi PDF reader juga sudah tersedia.
Pengujian: Menulis, mengedit, dan mengirim file attachment lewat email.
Nilai: 3,3
Catatan: Lebih nyaman bila melakukan pengetikan menggunakan keyboard komplet. Misalkan saja ditambahkan fasilitas keyboard tambahan.

Baterai
Daya tahan baterainya tergolong baik. Menggunakan tipe baterai BL-6F dengan kapasitas Lithium ion 1200 mAh. Mampu digunakan untuk bicara non stop atau sekedar memutar musik hingga 4 jam, dan waktu siaga mencapai 320 jam tergolong bisa diandalkan.

Kinerja ;
Secara umum kinerja seri N78 ini cukup baik. Untuk ponsel sekelasnya, tergolong memiliki kemampuan di atas rata-rata. Andai ada fasilitas qwerty keyboard dan layar yang berukuran besar, posisinya bisa disamakan dengan seri E90 dikelompok communicator.

Nokia N78 : Skor 3,5

(Copas from selular.co.id)


No comments: