Wednesday, October 22, 2008

Kejujuran itu Mahal Harganya!

Kemaren aku sempet bete berat. Jauh2 ngecek ke Bank BRI yang di Pasar Baru (20 menit naek motor paling enggak) eh...nyampe sono ternyata si Emma belon transfer juga.......?? Heran banget tuh anak kok jadi belibet and ngeles kesana kemari sich.....????

Aku harus kecewa ketika jumlah yang masuk cuma 225, sedang yang 300rb belum juga ditransfer. Alasan dia karena suaminya salah transfer, seharusnya kalo ada masalah apapun dia bilang ke aku (itu sudah menunjukkan niat baiknya) jadi aku nggak akan sewot. Lagian aneh banget sich (katanya aku salah kasih nomer rekening), kalo orang transfer lewat ATM harusnya khan selalu ada konfirmasi sebelum uang itu ditransfer. Jika nomer rekening dan nama yang tertera tidak sesuai, hanya orang bodoh yang akan meneruskan transfer tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Well.....aku gak ngerti sich apa sebenernya yang terjadi, yang jelas dia sudah bikin aku bete setengah mati. Uang 500rb itu jumlah yang besar buatku (itu hasil keringatku kerja selama setengah bulan ninggalin anakku dirumah sama orang, demi nyari sesuap nasi..........siapa yang gak kesel sich dikadalin sama orang begitu....???).

Aku akan sangat menghargai orang kalo orang itu jujur. Aku ga bakalan senewen, ga bakalan rese kalo dia jujur dari awal, gak usahlah pake bikin alesan macem2, satu kebohongan harus ditutup dengan kebohongan lainnya, akhirnya jadi Big Fat Liar..................!!! Tinggal bilang aja, mbak maaf saya belum bisa transfer sekarang dengan alesan bla..bla...bla......nanti saya usahakan hari apa tanggal berapa, jadi orang yang nunggu ga marah dan senewen. Wajar kali ya aku merasa takut kena tipu, dan wajar kalo aku ngerasa khawatir uangku hilang................secara dia sama sekali ga punya niat baik untuk bikin aku tenang. Siapa yang akan percaya dengan orang yang suka berbohong........??? Sekali orang berbohong, apalagi membohongi rekan bisnisnya, selamanya dia akan kehilangan kepercayaan dari rekan bisnisnya tersebut. So, dalam bisnis yang paling penting adalah kejujuran. Tanpa kejujuran bersiap-siaplah untuk hancur dalam menjalankan bisnismu. Jangan asal ngecap tanpa bukti.

Aku banyak belajar dari kejadian2 yang menimpaku. Selama ini aku selalu jujur dalam segala hal, dan modalku dalam berbisnis hanyalah kejujuran dan kepercayaan, karena aku khan ga punya modal uang yang banyak, he....he......

Orang selalu bisa memegang kata-kataku. Aku selalu menepati janji, makanya orang bisa dengan tenang mempercayakan sesuatu padaku karena aku jujur dan bisa dipercaya. Once you betray your partner you'll loose not only your partner but all potential business partner in the future. Seperti kata pepatah, Karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Itulah yang akan terjadi ketika seseorang mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.

So please be honest with me, honesty and trust that's all I have, I don't have money so you can't cheat on me to get money, it's useless if somebody wants to robbed me coz I have nothing.

No comments: